Kamis, 04 Oktober 2012

Komponen Penggerak Kopling dan Penyetelan Kopling


UNIT PENGGERAK KOPLING

1. Mekanis



1.    Pedal kopling
2.    Kabel kopling
3.    Penghantar kabel
4.    Tuas pembebas
5.    Bantalan tekan
6.    Pegas diafragma
7.    Rumah kopling
8.    Pegas pengendali pedal

A  =  Penyetel tinggi pedal kopling
B  =  Penyetel kebebasan tuas pembebas kopling


2. Hidrolis


3. Macam-macam Release Bearing (Bantalan Pembebas)


  1. Tipe bola penyudut, mampu menerima beban aksial dan menyudut
  2. Tipe bola menghadap, hanya mampu menerima beban aksial 
  3. Tipe graphite (Karbon), tidak diperlukan pelumas

 
Syarat Release Bearing :
  1. Mampu meneruskan tekanan tuas pembebas
  2. Dapat memutar dalam kondisi menekan


 Penyetelan Kopling


1     Penyetel tinggi pedal kopling
A.   Tinggi pedal kopling
Ukuran tinggi pedal tidak sama pada semua kendaraan, sebaiknya lihat manual


Penyetelan  :  Dilakukan pada baut penyetel (1) sebagai pembatas langkah balik
                       pada pedal
Catatan        : · Jika tinggi pedal terlalu tinggi maka penekan terhadap pegas
                            (diafragma) terlalu panjang, akibatnya pegas menjadi bengkok/patah
                      : · Jika terlalu rendah pembebasan kopling tidak sempurna akibatnya
                             pemindahan gigi sulit dan kanvas cepat aus


Free Play Silinder

Penyetelan : Batang pendorong dapat diputar maju/mundur dan dikunci oleh kedua mur

Kegunaan   : Agar posisi piston master kembali sampai batas ring penahan saat pedal tidak ditekan (Bebas)

Catatan       : Kebebasan pada pedal harus dapat dibedakan
1. Kebebasan batang pendorong master silinder
1.  Kebebasan tuas pembebas kopling (Garpu) pada silinder kopling
2.   Kebebasan 1 dan 2 adalah kebebasan pedal (A)


Free Play Release Fork (Garpu Pembebas)

Penyetelan               : Batang pendorong silinder kopling dapat diputar maju/mundur
  dan dikunci oleh kedua mur penyetel

Kegunaan                 : Agar bantalan tekan tidak berhubungan dengan pegas
  diafragma maupun dengan penekan (pada jenis pegas koil)
  pada saat pedal kopling bebas

Catatan                      :  Kebebasan tuas pembebas  » 2-3 mm
· Bila kebebasan nol maka bantalan tekan dan pegas diafragma dengan penekan pegas koil akan cepat rusak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar