Mekanisme Penggerak Kopling
Kopling
Mekanis (Mechanical Clutch)
Pada sistem ini, tenaga penginjakan pedal untuk
membebaskan kopling diteruskan ke release fork melelui release cable
(kabel pembebas) Mechanical clutch terdiri dari : 1. Clutch pedal. 2. Clutch
release lever. 3. Clutch
release cable. 4. Release
fork. 5. Clutch
cover.
Kopling
Hidraulis (Hydraulic Clutch)
Pada tipe ini,
gerakan pedal kopling dirubah menjadi
tenaga hidraulis oleh master cylinder
yang kemudian diteruskan ke release fork melalui release cylinder.
Tipe ini terdiri dari :1. Clutch pedal. 2. Master Cylinder. 3.Flexible hose. 4.Release cylinder. 5.Release
fork. 6.Clutch cover
Master
Silinder kopling
Master silinder
kopling berfungsi untuk menghasilkan
tekanan hidraulis. Dan
terdiri dari :
1.
Reservoir tank.
2. Piston.
3. Push rod.
4. Inlet valve.
5. Conical spring.
6. Connecting rod.
7. Compression spring.
8. Spring retainer.
Cara kerja master silinder:
Piston akan kembali ke kanan oleh tekanan compression spring, connecting rod tertarik oleh spring retainer melawan tekanan conical spring, sehingga inlet valve terbuka dan chamber A berhubungan dengan chamber B
Silinder Pembebas Kopling (Release Cylinder)
Silinder pembebas kopling berfungsi
untuk mendorong release fork (meneruskan tekanan hidraulis dari master
silinder).Terdiri dari :1.Push
rod, 2.Cylinder
cup, 3.Cylinder
body, 4.Conical
spring, 5.Piston
REFERENSI
Jenis-jenis Silinder Pembebas Kopling
Silinder
Pembebas Yang dapat Disetel
Silinder
Pembebas Yang Dapat Menyetel Sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar