Minggu, 07 Oktober 2012

SILINDER PEMBEBAS KOPLING ( RELEASE CYLINDER )


SILINDER PEMBEBAS KOPLING ( RELEASE CYLINDER )


Gambar : Komponen-komponen Silinder Pembebas Kopling

                   MEMBONGKAR SILINDER PEMBEBAS KOPLING
a)    Lepaskan pipa saluran kopling
Gunakan SST, lepaskan pipa kopling. Tempatkan penampung minyak kopling. (SST 09751-36011)




b)    Lepaskan silinder pembebas.

Lepaskan 2 baut pengikatnya dan lepaskan pula silinder pembebasnya.





c)    Membongkar silinder pembebas.
     (1)Lepas batang pendorong.
     (2)Lepas karet penutup debu (boot).
     (3)Lepas piston dengan menggunakan udara kompresor.





d)    Pemeriksaan silinder pembebas.
Setelah semua bagian dibersihkan, Periksalah bagian-bagian yang dibongkar terhadap keausan, karat atau kerusakan.
Hasil Pemeriksaan : ………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
Kesimpulan : ………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………


e)    Pemasangan silinder pembebas.
                        Pasang silinder pembebas dengan 2 baut pengikatnya


                      f) Pasang pipa saluran kopling.
(1)     pasang pipa dengan tangan.
Kencangkan mur union dengan SST


a)    Memeriksa dan Menyetel Pedal Kopling.
(1)  Periksa Bahwa tinggi pedal kopling benar.
     Tinggi pedal dari lantai : 156 – 166 mm
     Hasil Pemeriksaan : ……………………………………………………………….
      ……………………………………………………………………………………………
      Kesimpulan : ……………………………………………………………………….
      …………………………………………………………………………………………..
(2)      Bila perlu, setel Tinggi Pedal Kopling.
(a)  Kendorkan mur pengunci (1) dan setel tinggi pedal dengan memutar baut penyetop (2).
(b) Kencangkan mur pengunci.
     Momen pengencangan : 24 Nm (240 kg-cm, 17 ft-lb)
(3)     Periksa bahwa Gerak Bebas Pedal dan Batang Pendorong (push rod) Benar.
(a)  Gerak Bebas Pedal
Tekan Pedal perlahan-lahan, sampai permukaan hambatan terasa.
Gerak Bebas Pedal : 5 – 15 mm (0,197 - 0,591 in)
(b)  Gerak Bebas Batang Pendorong
Tekan pedal dengan jari perlahan-lahan, sampai terasa adanya sedikit pertambahan hambatan.
Gerak Bebas Batang Pendorong pada ujung Pedal :
1,0 – 5,0 mm (0,039 - 0197 in)

Hasil Pemeriksaan :
Gerak Bebas Pedal :……………………………………………………………….
Gerak Bebas Batang Pendorong :…………………………………………….
Kesimpulan : …………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………….

(4) Bila Perlu, Setel Gerak Bebas Pedal dan Batang Pendorong (push  rod) (a)  Kendorkan mur pengunci (3) dan setel kebebasan pedal  dengan memutar push rod (4)Kebebasan push rod pada bagian atas : 
1 – 5 mm

(b)     Tekan pedal kopling beberapa kali dan cek apakah kebebasan pedal keseluruhan masih dalam 
 limit. 




       Total : 5 – 15 mm



Tidak ada komentar:

Posting Komentar